Pages

Selasa, 07 Oktober 2014

backpacker jogja bali 2014 tanpa tawar menawar

2014 ini pokoknya harus ke bali. karena tahun 2015 pasti akan ada rencana lagi entah kemana. akhirnya aku dan salah satu teman saya sudah memutuskan akan backpackeran ke bali tgl 30 september. oke kita mulai...

dari rumah (gunungkidul), kami naik sepeda motor menuju ke stasiun Lempuyangan kira2 jam 5 pagi. o iya sebelumnya kita sudah beli tiket, jadi sampai stasiun tinggal naik doank. untuk sepeda motor bisa kita titipkan di penitipan sepda motor yg tersedia di sekitar stasiun.

kereta Sri Tanjung berangkat jam 7.20 dan sampai stasiun Banyuwangi Baru jam 22.00. maklum kereta ini memang sering mengalami keterlambatan. sampai di banyuwangi tidak susah kok untuk ke Pelabuhan ketapang. tinggal keluar stasiun, lurus, kemudian ketemu jalan raya ambil kanan kira2 200 meter pelabuhan sudah nampak di seberang. masuk ke pelabuhan hati2 kalo ada yang nawarin angkutan. bilang aja cuma mau naik ferry nyebrang ke gilimanuk.

nyampe di pelabuhan gilimanuk, siapkan KTP karena pas mau keluar dari pelabuhan ada pemeriksaan. nah untuk ke terminal gilimanuk dari pelabuhan cukup jalan kaki aja. letaknya persis setelah tempat pemeriksaan KTP jalan sebentar entar disebelah kiri ada terminal kecil, ya itulah terminal gilimanuk.

nyampe di terminal cari bus yang kecil jurusan denpasar, karena bis kecil ini akan langsung membawa kita ke terminal ubung denpasar. konon, kalau kita naik bis besar kita akan diturunkan di terminal mengwi. boleh sih tapi untuk ke ubung kita harus naik angkot lagi.

sampai terminal ubung kita naik angkot saja. inget ya naik angkot ke terminal Tegal, nanti dari tegal baru naik angkot lagi ke kuta. karena tidak ada angkot dari ubung langsung ke kuta. jangan tertipu kayak kita naik angkot, eee kita langsung dibawa ke kuta. yah bayar 70.000 deh karena dihitung sewa pfffttt.

nyampe kuta langsung aja kita nyari penginapan. yang recomended adalah losmen artawan di jln poppies 2. dari legian street masuk ke jln poppies 2 kira2 200 meter nah ntar ada tulisannya kok. tapi beda halnya dengan kita, baru jalan beberapa meter kita sudah dihampiri orang dan ditunjukin penginapan yg murah. hasilnya kita dapat penginapan seharga 120.000 permalam di Bali menik Inn. kita ga nawar ya semua kita bayar sesuai harga pertama. jadi kalo kalian pandai menawar pasti dapat harga yg lebih murah.

udah dapet hotel, kita tinggal cari sewaan motor buat keliling bali. ga usah bingung banyak banget disekitar sana. kita akhirnya dapat di hotel yg kita tempati seharga 60.000 per hari.

motor udah dapet, mandi trus gas aja itu motor buat keliling bali. jangan lupa isi bensin ya. untuk tempat mana saja yang akan kita kunjungi terserah mana aja tergantung tenaga mampunya berapa obyek. hehe
ini beberapa tempat yang bagus menurut saya pantai kuta (udah pasti), tanah lot, bedugul, GWK, uluwatu dan kintamani. banyak kok yg lain search aja di google. hahaha

sehari puas naik motor kita sudah nyampai lagi di penginapan sebelum jam 5. karena rencana emang kita mau lihat sunset di pantai kuta. iya pantai yang terkenal itu. habis dari pantai kita juga nyempetin melihat monumen bom bali yang letaknya ga jauh dari gank masuk ke poppies 2 tadi.

kalo punya waktu sempetin deh pagi nya ke pasar sukowati, katanya disana tempat mencari oleh2 yang murah. kalo aku sih duitnya yg pas2an dan memaksa kita ga kesana. hehehe... udah habis itu pulang... rute pulang sama aja kok kayak berangkatnya...

berikut adalah biaya yang sudah kita keluarkan (2 orang):
1. tiket kereta Sri Tanjung PP (beli di indomaret) 215.000
2. kapal ferry PP                                                   32.000
3. bis gilimanuk - ubung                                         70.000
4. bis ubung - gilimanuk (ga tahu kenapa beda)      80.000
5. angkot ubung - kuta                                          70.000
6. losmen                                                            120.000
7. motor + bayar org yg nunjukin tadi                    85.000
8. bensin                                                               14.000
9. angkot kuta - ubung                                          20.000
10. nginep di masjid banyuwangi                             5.000
11. parkir inap lempuyangan                                 22.000

segitulah sodara2 biaya yg kita keluarkan untuk berlibur ke bali. untuk biaya tambahan mungkin makan, beli oleh2, masuk ke tempat wisata seperti tanah lot, bedugul, GWK dll serta bayar parkir kalo pas ke pantai.

dibawah ini ada beberapa gambar yang berhasil diabadikan oleh kamera saya. hehe
 ini pantai sanur
 ini tanah lot
 kalo ini sunset pantai kuta
 monumen bom bali di legian street
 ferry yang aku tumpangi pas perjalanan pulang. ini kapal recomended banget dan sangat cocok pas sore. lagi kita bisa melihat sunset dari kapal.
 keluar atau pas mau masuk ke stasiun jangan khawatir ada bapak2 penjual nasi kok. malem juga ada. hehe
 ga usah dijelasin udah tau lah ya ini apaan.
nah ini gambar aku ambil pas di tangga masjid. pas didepan gerbang itu atau diseberang jalan adalah pintu keluar pelabuhan ketapang.
disamping kanan itu tempat kita nginep. cuma tiker doang ya tapi lumayan lah. hehe dan kalo mau mandi cukup bayar seikhlasnya di kotak amal.


sekian ulasan dari saya semoga bermanfaat bagi yang mau backpackeran. untuk harga sekali lagi kita perjelas tidak ada tawar menawar alias harga langsung dari pihak pertama yg menawarkan. kita manggut2 aja. kalo kalian pandai nawar bisa lebih irit. hehehe

3 komentar:

  1. walh thread nya bagus sekali gan ,, sangat membantu
    oh iya sekalian mau nanya , kalau di Gilimanuk apakah harus pake KTP,,soalnya ane belum punya gan,, hehehe rencana akhir mei mau ke bali via backpacker,,,

    BalasHapus
  2. lengkap banget ulasan nya...saya berencana ke jogja terus ke surabaya..klo sempet mau langsung ke bali...mudah2an bisa terlaksana...
    btw, ada yg masih pake kartu nama dr kertas? ayo ganti dgn kartu nama online, taruh/embed kartu nama di blog/website dgn mudah, buat dan bertukar kartu nama di berkenalan.com: https://berkenalan.com

    BalasHapus
  3. = AGEN TIKET & TOUR DOMESTIK MURAH SIDOARJO KOTA =

    Bingung cari tiket pesawat / kereta api murah ?????
    Kini Beli tiket tidak perlu rumit dan mahal lagi, hanya di Halo Indonesia Tour & Travel.

    KAMI MELAYANI :

    - RESERVASI TIKET PESAWAT
    - RESERVASI TIKET KERETA API
    - VOUCHER HOTEL
    - TOUR DOMESTIK ( Karimunjawa, Jogja, Bali, Lombok, Malang, Rafting, Banyuwangi, Bromo, Dll )
    - PRIVATE TOUR
    - RENTAL ELF, BUS & MOBIL
    - Antar Jemput Tamu & Bandara

    BONUS DARI KAMI :
    - Discount pembelian lebih dari 3 tiket
    - Banyak tiket promo

    = Kami menerima kerjasama perusahaan / instansi sebagai penyedia Tour / Pembelian Tiket Dinas =

    INFORMASI & RESERVASI
    Halo Indonesia Tour & Travel
    P. Sidokare Asri QQ.2 Sidoarjo - JAWA TIMUR
    081235618281 / 085730077308
    54E0B52 / 7ECC7D00
    www.halo-indonesia.com
    Anda bisa menghubungi kami melalui SMS, BBM, Ym Chat, Tlp, email semua 24 jam

    BalasHapus